Distributor Bawang Goreng Jawa Timur

Distributor Bawang Goreng Jawa Timur
Distributor Bawang Goreng

Resep Bawang Goreng Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Banyak yang belum tahu atau gagal cara menggoreng bawang merah agar renyah kriuk, wangi dan gurih, baik itu bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Sebenarnya ada 2 cara, teknik pertama menggunakan tepung dan cara kedua tanpa menggunakan tepung tapi renyah, kok bisa? ya bisa dong, kalau saya sih lebih suka bawang goreng tanpa menggunakan tepung lebih wangi dan lebih enak, yang jelas lebih terasa bawangnyalah, walau gosong pun terkadang masih enak, gurih, dan garing kriuk kress.

Pilihlah bawang kualitas nomor satu yang cocok dijadikan bawang goreng , yaitu bawang yang segar dan kadar airnya rendah .

Bawang merah memiliki banyak varietas seperti bima brebes, ampenan, sumenep, maja cipanas, medan, super philip, india dan banyak jenis lainnya. Biasanya untuk dijadikan bawang goreng, jenis bawang yang cocok digunakan adalah bawang merah Sumenep-madura. Bentuknya agak lonjong, kadar airnya relatif rendah dan teksturnyapun renyah. Atau bisa juga menggunakan jenis bawang brebes yang beraroma.

Jika melakukan secara manual, irislah bawang setipis mungkin menggunakan pisau yang tajam. Atau dengan menggunakan bantuan slicer, sehingga mendapatkan ketebalan irisan bawang yang sama

Rendamlah irisan bawang dengan larutan garam selama kurang lebih 25-30 menit. Perbandingan bahan rendaman , 1 sdm garam untuk 1 liter air. Setelah itu tiriskan.

Setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya. Atau menaburi dengan campuran tepung terigu dan tepung kanji juga menghasilkan bawang goreng yang renyah. Perbandingan tepung 1:1.

Jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar, sembari di sebar rata sehingga bawang kering merata,

Ketika menggoreng, gunakan minyak yang banyak sehingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas yang sedang dan sampai berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses pengorengan bisa menambah warna bawang menjadi lebih kuning kecoklatan. Oleh sebab itu jangan sampai lalai saat menggoreng, karena bawang bisa pahit karenanya.

Setelah proses penggorengan, tiriskan bawang sampai minyak turun semua. Sebarkan diatas kertas tisu makanan sehingga minyak yang tertinggal dapat diserap dengan baik.

Setelah bawang dingin, taruhlah dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat, sehingga bawang tetap renyah. Simpanlah wadah berisi bawang goreng disuhu ruang dan tidak lembab.

sumber:carabuatresep.blogspot.com